Wisata Bersejarah Istana Kuning di Pangkalan Bun

Istana Kuning sebuah peninggalan bersejarah yang menakjubkan di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Tempat ini telah menjadi destinasi unggulan bagi para pelancong dari seluruh penjuru dunia. Meskipun namanya mencerminkan warna kuning, bangunan ini sebenarnya menghadirkan keajaiban coklat yang memikat, hanya pintu gerbangnya yang memancarkan keindahan kuning yang mempesona.

Dikenal juga dengan nama Istana Indrasari Bukit Indra Kencana, Istana Kuning berdiri megah sejak tahun 1860, yang dibangun oleh Pangeran Ratu Immanudin dari Kerajaan Kutaringin. Terletak di jantung Kota Pangkalan Bun, Istana Kuning memancarkan pesona sejarah yang tak ternilai. Untuk lihat lokasinya di maps bisa klik https://maps.app.goo.gl/3pdNrGsxkvfTvYM98

Pesona Arsitektur dan Keindahan Alam Istana Kuning

Bangunan Istana Kuning memiliki daya tarik sejarah bagi pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Dengan gaya arsitektur yang mengingatkan pada rumah panggung Melayu yang megah, bangunan ini memancarkan keanggunan dengan warna kayu coklat alami yang memukau, tanpa sentuhan cat buatan.

Dengan luas sekitar 2.000 meter persegi, Istana Kuning menampilkan dua bangunan khas Melayu yang menakjubkan. Balai Pahadera, yang menyerupai sebuah aula, memberikan kesan kemegahan yang luar biasa. Sementara itu, Keraton dalam kuning, dulunya adalah tempat tinggal bagi para raja. Di tengah-tengah Istana, sebuah kain bercorak kuning hijau menambah keindahan dindingnya, sementara kereta kencana terparkir dengan anggun di dalamnya, mengingatkan akan gemerlap kehidupan istana pada masa lalu.

Detil-Detil Bersejarah yang Memikat

Keindahan Istana Kuning juga tercermin dari detil-detilnya yang menakjubkan. Empat pucuk meriam kuno, yang berasal dari tahun 1840, ditempatkan dengan megah di sisi barat atau halaman depan kompleks Istana Kuning, menjadi saksi bisu dari kejayaan Kesultanan Kutaringin. Tiang-tiang dalam Istana dipenuhi dengan ukiran yang memukau, di antaranya motif daun bunga teratai dan pakis yang menghiasi guci-guci atau belanga dengan indahnya.

Menghargai Warisan Budaya dan Sejarah

Keberadaan Istana Kuning tidak hanya menjadi sebuah bangunan bersejarah semata, namun juga menjadi saksi bisu dari gemerlapnya masa lalu, kejayaan sebuah kerajaan yang pernah berdiri teguh di tanah Kalimantan Tengah. Pengunjung yang melangkah di dalamnya akan disuguhkan dengan pengalaman yang tak terlupakan, mengimajinasikan kehidupan istana pada masa lampau yang penuh dengan kemegahan dan keanggunan.

Selain sebagai destinasi wisata, Istana Kuning juga menjadi simbol kekayaan budaya dan sejarah Kalimantan Tengah yang patut dijaga dan dilestarikan. Dengan menjaga kelestarian Istana Kuning, generasi mendatang akan dapat melihat warisan budaya tempat ini dan juga belajar untuk melestarikannya. Dengan demikian, Istana Kuning tetap menjadi destinasi yang tak lekang oleh waktu.

Untuk mengunjungi tempat ini Anda bisa sewa mobil di Borneo Transport rental mobil Pangkalan Bun yang telah berpengalaman. Kami menyediakan armada mobil terbaik dan terawat di Kalimantan Tengah, dan juga didukung oleh driver profesional jika Anda sewa mobil dengan driver. Menjadikan perjalanan Anda praktis dan juga hemat biaya transportasi karena sudah sewa mobil untuk berwisata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *